Selasa, 24 Juli 2012

PETANI TAKUT TANAM SODIKIN TERSEYUM KALI INI


Ketika ditanya untuk menanam padi hibrida masyarakat desa punjul banyak yang jera, jika ditanya mengapa??? Serangan hama meledak itu jawabnya. Iya sebelumnya petani mencoba menanam padi hibrida di MK I bersamaan dengan wabah hama tikus dan wereng meledak dimana-mana termasuk di desa punjul khususnya  kelompoktani sido mulyo yang ikut merasakan kepedihannya.


 Namun demikian tidak kapok kata yang tepat untuk bapak sodikin ketua kelompoktani sido mulyo desa punjul ini, walau anggotanya masih jera dia tetap semangat dan yakin bahwa padi hibrida akan meningkatkan produksi pertaniannya, padi hibrida adalah hasil penelitian untuk itu pastilah kiranya benih yang dilepas di masyarakat merupakan hasil terbaik dari balai penelitian tertentu itu komentarnya.
Alhasil berkat kegigihannya kini bapak sodikin bisa tersenyum dengan tanamannya padi hibrida kali ini, hasil pengubinan kemarin produksi ditafsir mampu mencapai 9,12 ton per Ha, ini mungkin rendah bagi daerah lain namun cukup tinggi bagi desa punjul yang nota bene daerah pegunungan dimana biasa rata-rata produksi yang diperoleh bisa 3-6 ton/Ha. (Latip)

1 komentar:

bpppagerwojotulungagung.blogspot.com mengatakan...

salut kang, kudune yo ngono ono sing nyontoni, berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian, yo to